SMK PN 2 Juara Lomba Roket Air Tingkat Provinsi Jateng

PRESTASI: Ketiga siswa SMK PN 2 Purworejo pemenang lomba roket air tingkat provinsi kategori SMA sederajat yang diadakan oleh Himapfis UMP Purworejo. (ISTIMEWA)

RADAR PURWOREJO – SMK PN-PN 2 Purworejo kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Yaitu, menjadi juara satu lomba roket air tingkat Povinsi  Jawa Tengah kategori SMA sederajat yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (Himapfis) Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam acara Momentum of Physics 2022 pada 24 Februari hingga 8 Maret lalu. “Alhamdulillah bisa juara. Jarak peluncuran mendekati zona sasaran target dari panitia, 80 meter,” ujar Guru Fisika SMK PN 2 Purworejo Arif Komalasari, kemarin (17/3).

Disebutkan, ada sekitar 11 tim dari SMA/SMK/MA baik negeri ataupun swasta se-Jateng dan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Setiap sekolah mengirimkan siswa atau siswi terbaiknya yang masing-masing tim terdiri dari tiga orang.

“Kami membentuk dua tim dari kelas X. Tetapi, yang lolos ke babak final hanya satu tim, yaitu Obit Riski Pratama, Riky Agung Saputra, dan Yusuf Suryanto,” ungkapnya. Meskipun saat lomba mengalami beberapa kendala seperti saat peluncuran roket mendung, angin, hingga gerimis tetapi semua dapat dilalui dengan baik.

Kepala SMK PN 2 Purworejo Rakhmi Widayati mengaku sangat bangga atas prestasi yang dimiliki dan didapat oleh para siswanya. Dia berharap, kompetisi tersebut bisa diselenggarakan secara rutin sehingga dapat memotivasi para siswa dalam menekuni bidang sains.

Selain itu, dapat mencetak siswa-siswi yang membanggakan lainnya. Dengan begitu, dapat mengharumkan nama sekolah pada khususnya dan juga Kabupaten Purworejo lada umumnya.

Dia berharap, perolehan juara siswa SMK PN 2 Purworejo itu dapat memberikan masukan bagi sistem pendidikan di sekolah, khususnya dalam bidang fisika. “Selain untuk meningkatkan kualitas dan wawasan staf pengajar, juga dapat meningkatkan kecintaan para siswa terhadap mata pelajaran fisika,” harap dia. (han/din)

Lainnya