Demplot Padi Pandan Wangi Terbukti Produktif

Demplot Padi Pandan Wangi Terbukti Produktif
PERDANA: Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim memanen padi jenis pandan wangi di Demplot Desa Bencorejo, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, kemarin (5/7). (HENDRI UTOMO/Radar Purworejo)

RADAR PURWOREJO – Kodim 0708 Purworejo mendukung program ketahanan pangan nasional. Mereka terjun langsung mendampingi petani di Desa Bencorejo, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, hingga panen.

Kodim 0708 Purworejo terlibat langsung dalam upaya meningkatkan hasil produksi padi petani. Langkah ini merupakan wujud dukungan terhadap program ketahanan pangan nasional

Kodim 0708 sukses mendampingi petani mengembangkan padi jenis pandan wangi di Desa Bencorejo, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo. Padi yang ditanam di area demonstration plot (demplot) tumbuh baik. Bahkan, sudah panen perdana. Hasilnya cukup memuaskan.

“Alhamdulillah hasil panen maksimal dan terbukti lebih produktif dibanding sebelumnya. Demplot seperti ini perlu dibuat agar petani bisa melihat, mempraktikkan, dan membuktikan sendiri secara langsung,” jelas Letkol Inf Lukman Hakim Panen perdana dipimpin Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim saat panen perdana beserta para petani kemarin (5/7). Tampak hadir Camat Banyuurip Tri Wahyuni Wulansari. Demplot di Desa Bencorejo memanfaatkan lahan seluas satu hektare. Keterlibatan anggota Kodim 0708 ini sebagai tugas TNI dalam mendukung program swasembada pangan nasional.

“Kami memberikan dukungan tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan, hingga panen. Semoga sukses di Bencorejo ini bisa menjadi titik tolak ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Purworejo,” jelasnya.

Lukman menjelaskan, Kecamatan Banyuurip dikenal sebagai salah satu lumbung padi di Kabupaten Purworejo. Kecamatan ini merupakan sentra logistik pangan yang bisa diandalkan untuk memasok kebutuhan pangan saat terjadi bencana alam atau hal-hal mendesak yang memerlukan logistik beras.

“Kami akan gerakkan para gapoktan (gabungan kelompok tani) untuk meningkatkan tanaman padi di sini, minimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Diharapkan Desa Bencorejo ini bisa menjadi percontohan dan menjadi lumbung padinya Kabupaten Purworejo,” ujarnya.

Camat Banyuurip Tri Wahyuni Wulansari mengapresiasi langkah TNI yang telah melakukan pendampingan terhadap para petani di wilayah Kecamatan Banyuurip. Menurutnya, kegiatan ini wujud upaya nyata memberikan semangat dan motivasi bagi petani dalam meningkatkan hasil panen padi.

“Ke depan kami tentu akan lebih meningkatkan sinergitas dengan TNI dan masyarakat, khususnya kelompok tani, sehingga hasil produksi padi di wilayah Banyuurip ini terus meningkat,” ucapnya. (tom/amd)

Lainnya